Taat Aturan

Karena kami memikirkan yang baik, bukan hanya di hadapan Tuhan, tetapi juga di hadapan manusia. (2 Korintus 8:21)

Kenapa di Indonesia memakai baju yang agak terbuka dianggap tidak sopan—sedangkan di negara barat tidak? Mengapa kita tidak boleh bertindak sewenang-wenang di sekolah, kampus dan tempat kerja? Apa kita harus menuruti adat suatu daerah (contohnya menjabat tangan orang yang baru dikenal) saat mengunjungi daerah tersebut? Berikut akan dijabarkan penjelasannya berdasarkan Alkitab.

Paulus dalam pelayanannya tentu bertemu berbagai lapisan dan golongan masyarakat. Ia pun bisa menulis ayat di atas karena pengalamannya ini. Paulus dan rekan-rekannya tidak mau bersikap “sopan” saja pada Tuhan, tapi juga pada sesamanya. Ia dan rekan-rekannya mau supaya mereka bisa baik di hadapan manusia. Jika kita “melanggar” norma (yang baik dan tidak menentang firman Tuhan), maka nama baik Kristen bisa tercemar.

Amsal 22:1 berkata nama baik lebih baik daripada kekayaan besar, dan dikasihi orang lebih baik dari perak dan emas. Kalau sudah begitu, apa yang harus kita lakukan? Ayo taati aturan yang ada di masyarakat. Jika aturannya baik dan tidak bertentangan dengan firman-Nya, kenapa kita harus menentangnya?

This entry was posted in Pesan Tuhan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s