Tafsiran Amsal 2

Ayat 1-5 pada pasal Amsal 2 menjelaskan bahwa jika kita melakukan bagian kita, maka Tuhan akan melakukan bagian-Nya (ayat 6-9). Di ayat yang ke-10 sampai ke-22 akan dijelaskan mengapa pentingnya hikmat itu.

        Di ayat yang ke-10 dan ke-11, Salomo menegaskan bahwa karena hikmat akan masuk ke dalam hati kita, dan pengetahuan akan menyenangkan jiwa kita, kebijaksanaan akan memelihara kita, dan kepandaian akan menjaga kita. Mengapa demikian? Karena hikmat, pengetahuan, kebijaksanaan dan kepandaian berfungsi menuntun kita tetap pada jalan yang benar. Seperti sebuah perisai yang bisa melindungi kita dari tipu muslihat dunia, mulut manis iblis, dan lainnya (ayat 12 sampai ayat 18).

        Di ayat yang ke-19 ditegaskan bahwa semua orang yang datang pada orang bebal dan iblis tidak akan bisa mencapai surga. Karena jebakan iblis itu seperti jaring laba-laba, sehingga orang yang terjerat di dalamnya hampir pasti tidak bisa lepas. Karena itu, kita perlu hikmat untuk membedakan apa itu kehendak Iblis atau kehendak Allah kita, Yesus Kristus.

        Di ayat yang ke-20 Salomo menegaskan supaya kita menempuh jalan yang baik, yaitu melakukan segala perbuatan sesuai firman Tuhan, dan memelihara jalan-jalan yang benar itu. Seperti yang dikatakan dalam Amsal 4:27:

Janganlah menyimpang ke kanan atau ke kiri, jauhkanlah kakimu dari kejahatan.

Di ayat ke-21 dan ayat ke-22 ditegaskan bahwa pada akhirnya orang yang jujur dan tidak bercelah akan mendiami tanah dan tinggal di situ. Ini bisa diartikan sebagai, “Orang yang bersih hatinyalah yang akan mendapat tempat di Sorga beserta segala berkat Allah.” Sementara orang yang fasik dan para pengkhianat akan dipunahkan dari tanah itu dan dibuang dari situ. Lawan kata Sorga adalah Neraka. Di situlah orang yang tidak benar akan pergi nantinya, karena itu adalah ganjaran atas kemunafikan mereka.

This entry was posted in Tafsiran Alkitab. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s