Q & A: All About Love Part 1

Berikut ini list pertanyaan soal cinta, kasih dan sayang. 

Shalom. Ada pepatah, “Cemburu tanda cinta.” Apa benar kalau kita cemburu melihat si “dia” bersama orang lain, kemudian kita menjadi cemburu, berarti kita punya perasaan khusus pada orang itu?

Shalom dalam 1 Korintus 13:4 dikatakan, “Kasih itu sabar, kasih itu murah hati, ia tidak cemburu. Ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong.” Kasih, dalam versi bahasa Inggris NKJV (New King James Version) ialah love yang juga bisa berarti cinta, terbukti jika kita tidak cemburu. Sebaiknya, saat cemburu, kita introspeksi diri terlebih dahulu, apa alasannya kita sampai cemburu begitu? God bless.

Kekasih saya sering melukai saya, namun jika saya mulai menangis, ia segera meminta maaf. Jika saya berbuat salah sedikit saja, ia langsung menampar dan mencaci-maki saya. Saya merasa sakit hati. Saya ingin membalasnya, tapi bagaimana lagi?

Saudara/i terkasih, saya juga pernah mengalami apa yang anda rasakan saat ini. Tetapi ingatlah, pembalasan dendam tidak akan mengakhiri masalah. Kata Tuhan, “dan janganlah membalas kejahatan dengan kejahatan, atau caci maki dengan caci maki, …” (1 Petrus 3:9) Satu-satunya cara yang bisa menghapuskan segala sakit hati dalam hati saudara/i adalah dengan mengampuninya. Dan tetaplah berdoa, seperti yang Tuhan Yesus ajarkan pada kita semua. (1 Tesalonika 5:17) Tuhan memberkati.

Kata orang, galau saat mencintai seseorang namun mengalami hal yang tidak enak—ditolak dan sebagainya—itu sangat wajar. Bagaimana pendapat Tuhan dalam alkitab?

Pengkhotbah 12:10 berkata, “Buanglah kesedihan dari hatimu dan jauhkanlah penderitaan dari tubuhmu, karena kemudaan dan fajar hidup adalah kesia-siaan.” Jelas dikatakan bahwa kita harus menghilangkan segala perasaan tak mengenakan itu dari hati kita—terutama saat kita muda. Karena jika tidak sejak kita masih muda, akan sulit merubahnya—walaupun tidak mustahil—saat kita sudah dewasa nanti. Tuhan memberkati.

Ada pertanyaan seputar cinta, kasih atau semacamnya juga? Kirimkan via e-mail ke pesantuhanyesus@gmail.com. Cek juga twitter kami, @PesanTuhan_ Tuhan memberkati!

Pertanyaan-pertanyaan di atas diberikan oleh seorang praremaja yang sedang mengalami dilema berat karena cinta. Bagaimanapun kondisi anda dan siapapun anda, Tuhan selalu siap menolong anda kapanpun, dan jaraknya hanya sebatas doa. God bless.

About these ads
This entry was posted in Tanya-Jawab. Bookmark the permalink.

2 Responses to Q & A: All About Love Part 1

  1. Joseph'ine says:

    waaa bahasnya cinta mimin ……. mantab

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s